Monday 7 March 2011

Postingan Status di Facebook = bisa mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat (mengutip "slogan" Blackberry)

Pernah tidak membayangkan kalau Facebook tidak lagi menyediakan fasilitas "status -write what is on your mind" dan kita hanya bisa memposting foto2 ?... Gue pribadi berpikir mungkin Facebook gak akan seramai sekarang & ide untuk membuat Twitter juga tidak akan ada. 

Selama hampir 4 tahun ikutan Facebook, gue mengalami banyak hal tak terduga gara-gara facebook. Gue bisa menemukan temen2 lama gue, menjalin perteman baru dan menemukan para mantan pacar di masa lalu...;-)

Awalnya bagi gue Facebook hanyalah situs pertemanan biasa yang fungsinya mencari temen2 lama dan sarana memposting foto2 yang menurut gue bagus dan bisa dishare ke orang lain. Tapi dengan berjalannya waktu, Facebook menjadi "salah satu" bagian penting dalam keseharian gue ...*sigh...hard to say this but that is the fact*... Dari yang pada awalnya buka Facebook hanya sehari sekali, sekarang bisa setiap saat bawaannya pengen manteng aja di depan PC cuma buat liat2 status orang lain.

Dari yang fungsi awalnya untuk mencari teman lama dan memposting foto2, sekarang fungsinya bertambah menjadi "alat untuk mengetahui kegiatan orang lain" dengan membaca status2 mereka. Well, sometimes I laugh my self, how can "the status in Facebook" can be so important to read now. Dari yang awalnya hanya sekedar iseng2 saja, sekarang menjadi kegiatan standard yang harus gue lakukan ketika pertama kali buka Facebook.

Dan sepertinya menulis status di FB menjadi "hal wajib" bagi para Facebooker sekarang ini. Entah itu untuk menumpahkan aspirasi dan inspirasi mereka, uneg2 mereka, menulis karena sedang bosan atau sekedar  to show off something (walau bikin mata menjadi iritasi membacanya tapi menurut gue sih itu hak mereka). Banyak sekali status ditulis yang menurut gue tujuannya hanya untuk "memancing tanda jempol dan comment saja" dari yang lain. Dan dari semua itu, ternyata membaca status di Facebook bukan saja menjadi sumber informasi positif buat gue, tapi juga menjadi sumber bermacam emosi. 

Ketidaknyamanan mata gue membaca ketika mereka harus memasukkan "kata2 mutiara" seperti "Ta...*, sh..t, f..ck, dan lain2, dan sebagainya untuk menunjukkan kekesalan mereka akan sesuatu  (walau sebenernya gue bisa saja mengatur pola hiding di home Facebook gue, tapi rasa keingin tahuan gue terlalu besar untuk dikalahkan...jadinya ya ribet gini...sighh). Rasanya tidak pas menulis kata2 seperti itu ketika banyak orang yang membaca dan bukan hanya orang2 yang umurnya sebaya dengan mereka yang ada dalam friend list mereka. 
Dan hal lain yang membuat mata ini tidak nyaman untuk membacanya adalah ketika mereka harus menulis dengan tulisan dan bahasa "alay"...and keep changing status more than 2 times in a day!!!...soooo annoying...(padahal  mereka mengklaim dirinya sendiri sebagai seorang yang super sibuk, tapi lah ya sempet2nya ganti2 status terus...)

Dan reaksi ketidaksetujuan gue ketika gue harus membaca postingan mengenai masalah SARA dan sesuatu yang tujuannya untuk membenarkan dan meyakinkan sesuatu yang berbeda. Atau memposting status bersifat provokatif dan sindiran yang berakibat perseteruan pada akhirnya...that is really a pity. 

Tapi apa yang bisa gue lakukan dengan ketidaknyamanan diri gue sendiri itu?... merespon postingan mereka?... menyindir mereka?... atau menghapus mereka dalam friend list gue?... hmmmm, I do not think that would be a good idea either.. Ketika emosi gue terpancing dengan status2 seperti itu, I try to give my self emotional therapy dengan berfikir dan mengatakan pada diri sendiri bahwa mereka punya hak prerogatif yang tidak bisa diganggu gugat dalam menuangkan apa yang ada dalam pikiran mereka ke dalam tulisan. Dan gue tidak berkewajiban untuk "berusaha meluruskan" tulisan2 itu. 

Dan gue  cuma bisa mengingatkan diri gue sendiri untuk tidak terbawa "arus berkewajiban menulis status di Facebook setiap hari" yang akhirnya tulisan tulisan yang ada menjadi "hampa dan asal" yang bisa memancing berbagai reaksi dari banyak orang lain...

*Ucapan pribadi terimakasih gue untuk kalian yang sudah memposting informasi yang positif & inspiratif  ke dalam status di Facebook karena membuat pikiran gue menjadi lebih terbuka dan mengetahui dunia luar lebih cepat sebelum gue nonton TV via internet atau baca koran. Dan juga untuk mereka yang membagi rasa di hati mereka lewat postingan di Facebook karena somehow membuat hati gue menjadi terbawa dengan perasaan kalian*

No comments:

Post a Comment