Tuesday 7 June 2011

Lebih gampang belajar bikin makanan Thai daripada belajar bahasanya :)

Awalnya saya malas sekali mencoba makanan jenis appetizer ini karena aromanya yang lumayan amis untuk hidung saya. Karena bahannya utamanya yang menurut saya "ndeso" ini, membuat saya tidak tertarik untuk mencobanya. Tapi setiap kali kami pergi ke Thai restaurant, menu ini hampir selalu menjadi menu andalan yang dipesan oleh teman-teman saya. Dan tidak sedikit dari mereka yang tergila-gila dengan makanan ini.

Dan pada suatu saat dimana saya cukup penasaran dengan makanan ini dan mencoba memberanikan diri untuk mencobanya, sayapun harus mengakui kalau ternyata rasanya enak banget...Rasanya sangat begitu segar, kuahnya terasa asam-asam manis pedas (sesuai selera sebenarnya) ditambah dengan kletukan kletukan kacang yang membuat rasa makanan ini semakin rich di mulut saya.

Nama makanan jenis appetizer ini adalah Thailand Papaya Salat (saya tidak tau dalam bahasa Thailandnya). Bahan-bahan dari makanan ini memang tergolong sangat exotic keberadaannya di Swiss. Mungkin agak mengejutkan kalau teman-teman atau saudara saya yang tinggal di Indonesia tau kalau di Swiss juga ada pepaya muda, ebi (udang kering), gula jawa, cuka jawa, kacang tanah dan cabe rawit. Tapi jangan salah, di sini semua bahan-bahan makanan Asia hampir semuanya ada (kecuali jengkol dan terasi kali yaaa...:)))

Dan ternyata bukan cuma saya yang suka, karena ternyata suami sayapun suka dengan Thai papaya salat ini. Sayapun mulai berfikir untuk belajar membuat Thai papaya salat ini. Karena kalau harus pergi ke Thai Restaurant setiap saat kami ingin makan, ya bisa robek juga dompet kami :). Untungnya salah satu teman baik saya punya resep bagaimana membuat Thai papaya salat ini dan ternyata cara membuatnya sangatlah mudah.

Bahan yang diperlukan :
1 buah papaya muda ukuran kecil (karena hanya untuk saya dan suami saja)
1 buah wortel
1 sendok makan gula merah/jawa
3 siung bawah putih
cabai rawit sesuai selera (saya pakai 3 buah karena suami gak bisa makan terlalu pedas ;))
1 sendok makan kacang tanah yang disangrai (bisa juga kacang mete atau tingting) dan hancurkan kasar
Saos ikan secukupnya (sesuai selera)
Cuka secukupnya (sesuai selera)
1 buah tomat
1 sendok teh ebi (udang kering)
1 buah jeruk citron atau jeruk lemon

Cara membuat
Papaya dan wortel dikupas dan diparut dengan ukuran tipis (bisa menggunakan alat pengupas yang bergerigi) dan masukan kedalam mangkok besar beserta potongan wortel.
Gula merah dibuat menjadi saus dengan cara direndam didalam setengah gelas air.
Bawang putih, ebi dan cabai dihaluskan dan setelah itu dimasukan kedalam mangkuk kecil bersama dengan saus gula merahnya. Setelah itu tuangkan saos ikan sedikit demi sedikit sesuai selera dan juga cuka.
Berikan perasan jeruk citron atau lemon untuk memberikan rasa segar dan sedikit mengurangi aroma saos ikannya.
Masukan remahan kacang tanah atau mete kedalam saos yang telah dibuat dan setelah itu siramkan ke dalam mangkok papaya, wortel dan tomat lalu diaduk rata.


Jadi tidak sulitkan membuat makanan appetizer ini?... Selain bahannya mudah didapat dan biaya yang dihabiskan juga gak banyak, rasanyapun nendang sangatttttt....:)

No comments:

Post a Comment