Thursday 17 May 2012

Memposting kata-kata bijaksana di status FB = pencitraan diri?...

Aduhhh...ternyata saya kelupaan melakukan unsubscribe satu nama di Facebook saya. Walhasil ketika saya membuka newsfeed yang ada terbacalah up date status dari dia yang isinya "luar biasa bijaksana" karena diambil dari kutipan somewhere :)

I know it's not my business of how people putting things on their status, but since I know this person pretty well, that's really irritating me. Bukannya merasa jika postingannya adalah sesuatu yang inspiratif tapi malah  mengundang senyuman sinis karena kita mengenal dia so well. I know it's hard and sounds not fair but that's the reality. 

Sebenarnya sangat disayangkan jika kita menulis suatu kata-kata bijaksana tapi tidak disertai dengan perilaku yang positif juga. Sayapun mencari-cari kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan "perbuatan" tersebut. Dan hari ini sayapun "berkicau" di Twitter dengan menulis : "Ya elah, msh aja update status dgn kata2 bijak yang gak sesuai dgn kelakuannya. Dr pada cuma nulis doang mending praktek langsung dikehidupan". Dan ternyata kicauan saya direspon oleh seorang teman yang tinggal di Belanda dengan kicauan yang sangat pas. Dia bilang : "maklum, lg usaha pencintraan mbakyu :p. 

Dalam hati sayapun tersenyum lebar dan membenarkan kicauan teman saya tersebut. Memang benar adanya, banyak sekali yang melakukan "pencintraan" di Facebook baik disengaja maupun tidak disengaja. Mungkin sayapun pernah melakukannya dengan maksud untuk melakukan "pencintraan diri". Meng copy paste kata-kata bijaksana untuk sekedar mendapat pujian atau komen tapi sebenarnya saya sendiri tidak selalu melakukan hal tersebut.

Ahhh...at the end of the day, it's their rights though to place things in to their Facebook. Sayapun bersyukur masih diberikan "cermin kehidupan sederhana" untuk membuat saya lebih berhati-hati dalam setiap perbuatan dan perkataan. 


No comments:

Post a Comment